Tata Cara Sholat Malam Berdasarkan Al-Qur’an Surat Al-Muzzammil

Tata Cara Sholat Malam Berdasarkan Al-Qur’an Surat Al-Muzzammil

 

Sholat malam, yang juga dikenal dengan istilah “qiyamul lail”, adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam.

 

 

Sholat ini dilakukan pada waktu yang sunyi, di mana seorang individu bisa berkomunikasi langsung dengan Allah SWT, memohon ampunan, dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Salah satu panduan utama untuk sholat malam terdapat dalam Al-Qur’an, khususnya dalam surat Al-Muzzammil, yang merupakan surat ke-73 dalam Al-Qur’an. Surat ini memberikan petunjuk dan inspirasi bagi umat Islam tentang tata cara dan makna mendalam dari sholat malam.

Surat Al-Muzzammil: Latar Belakang dan Maknanya

Sebelum kita memahami tata cara sholat malam berdasarkan surat Al-Muzzammil, penting untuk memahami latar belakang dan makna dari surat ini.

Surat Al-Muzzammil turun di Makkah pada awal kenabian Nabi Muhammad SAW. Nama “Al-Muzzammil” sendiri berarti “Orang yang Berpakaian Tebal” atau “Orang yang Berselimut” dalam bahasa Arab, merujuk kepada perlindungan dan persiapan yang diambil oleh Nabi Muhammad saat menerima wahyu pertama dari Allah.

Surat Al-Muzzammil: Penegasan Akan Keutamaan Sholat Malam

Surat Al-Muzzammil merupakan surat ke-73 dalam Al-Qur’an dan terdiri dari 20 ayat. Surat ini diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW di awal periode kenabian di Makkah. Dalam surat ini, Allah SWT menegaskan pentingnya sholat malam sebagai bentuk ketaatan dan pengabdian kepada-Nya. Dalam ayat pertama, Allah berfirman:

“Hai orang yang berselimut (Muhammad). Bangunlah malam hari, walaupun sedikit (sebentar). Seperduanya atau kurang daripadanya sedikit (sepertiga). Atau lebih banyak (dari seperdua – 2/3 malam) dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan.” (Al-Muzzammil: 1-4)

Ayat-ayat ini menjadi awal dari petunjuk tentang tata cara dan manfaat dari sholat malam. Mari kita eksplorasi lebih dalam mengenai tata cara sholat malam berdasarkan Al-Qur’an Surat Al-Muzzammil ayat 1-4 ini.

Tata Cara dan Urutan Praktik Sholat Malam Berdasarkan Al-Qur’an Surat Al-Muzzammil

1. Waktu yang Tepat

Sholat malam dilakukan pada waktu setelah tidur. Meskipun biasanya dilakukan pada pertengahan malam, namun ayat tersebut juga mengizinkan pelaksanaan pada bagian awal atau akhir malam.

2. Bersiaplah Secara Fisik dan Mental

Sebelum memulai sholat malam, ada baiknya kita bersiap secara fisik dan mental. Pastikan tubuh dalam keadaan bersih dan wudhu, serta hati kita tenang dan penuh kesungguhan dalam beribadah, termasuk untuk menerima pelajaran dari Allah melalui Al-Qur’an yang akan atau sedang dibaca.

3. Membaca Al-Qur’an secara tartil (perlahan)

Setelah berwudhu, hal yang selanjutnya dilakukan bukan langsung berdiri untuk melakukan sholat, melainkan terlebih dahulu membaca Al-Qur’an secara tartil. Kata ‘tartiilaa’ pada ayat ini bisa dimaknai dengan perlahan, seksama, atau kajian yang mendalam.

Dalam praktiknya, saat mulai membaca 1 ayat Al-Qur’an misalnya, maka perlu dilakukan kajian kata demi kata yang ada pada ayat tersebut. Bahkan jika memang satu kata dalam suatu ayat Al-Qur’an bersinggungan dengan sebuah tradisi atau sejarah suatu kaum, maka yang perlu dilakukan adalah melanjutkan untuk mencari referensi lebih banyak tentang tradisi atau sejarah yang terkait dengan satu kata pada ayat tersebut.

Praktik ‘tartil’ seperti inilah yang kemudian Allah jelaskan pada Surat Al-Muzzammil ayat berikutnya (ayat 5) yaitu; “Sesungguhnya Kami akan menurunkan atas kamu perkataan yang berat.”

‘Qaulan tsaqiilaa’ pada ayat 5 surat Al-Muzzammil ini, selain diartikan ‘perkataan yang berat’ juga bisa dimaknai dengan ‘perkataan atau pelajaran yang dahsyat’.

Dan barulah bacaan ayat yang sedang dikaji ini dibaca pada saat sholat malam, sesuai dengan surat Al-Muzzamil ayat 8 yaitu; “Dan sebutlah nama Tuhanmu, dan beribadahlah kepada-Nya dengan sepenuh hati.”

4. Bacaan Surat Al-Muzzammil

Selama rakaat pertama sholat malam, bacakanlah ayat Al-Qur’an yang sedang dipelajari setelah membaca surat Al-Fatihah, dan bacalah dengan tartil dan tajwid yang benar.

Tujuan lain kenapa ayat yang dibaca pada rakaat dalam sholat malam setelah surat Al-Fatihah ini adalah ayat yang sedang dikaji sebelumnya adalah bertujuan untuk menghapal ayat tersebut.

Rukun Sholat Malam

Sholat malam memiliki rukun dan gerakan yang mirip dengan sholat lima waktu pada umumnya, seperti rukun qiyam (berdiri), rukuk, sujud, duduk di antara sujud dan duduk tahiyat akhir. Pahami dengan baik gerakan-gerakan ini.

Untuk jumlah rakaat, ada yang mengerjakan 2 rakaat, namun ada juga yang mengerjakan 4 rakaat dalam setiap sholatnya.

Manfaat Sholat Malam Berdasarkan Surat Al-Muzzammil

Surat Al-Muzzammil juga menegaskan beberapa manfaat besar dari melaksanakan sholat malam:

1. Pembersih Diri: Sholat malam dapat menjadi sarana membersihkan hati dan jiwa dari dosa-dosa serta kesalahan-kesalahan.

2. Pendekatan kepada Allah: Sholat malam adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan beribadah di waktu yang khusus.

3. Pengampunan dan Rahmat: Sholat malam adalah peluang untuk memohon pengampunan Allah dan meraih rahmat-Nya.

4. Pencerahan Jiwa: Sholat malam dapat memberikan pencerahan dan ketenangan pada jiwa, menguatkan hubungan spiritual dengan Allah.

5. Dermawan dalam Kebaikan: Surat ini juga mengajarkan untuk memberikan yang baik, sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Keutamaan Sholat Malam

Sholat malam adalah amal ibadah yang membawa banyak kebaikan dan manfaat. Melalui Surat Al-Muzzammil, Allah memberikan petunjuk yang jelas tentang tata cara serta manfaat sholat malam.

Sholat malam memiliki banyak keutamaan, seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam hadits-haditsnya, Nabi mengajarkan bahwa sholat malam adalah saat ketika Allah turun ke langit dunia dan memanggil umat-Nya untuk memohon ampunan dan memenuhi doa-doa mereka.

Dengan mengikuti tata cara sholat malam berdasarkan Al-Qur’an Surat Al-Muzzammil, kita dapat merasakan kedekatan dengan Allah, mendapatkan ketenangan hati, serta mendapat berkah dan keberkahan dalam hidup kita.

Sholat malam bukan hanya tindakan ibadah, tetapi juga merupakan kesempatan istimewa untuk bersama Allah di waktu sunyi, memohon, dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Baca juga:

Jangan lewatkan:

5 thoughts on “Tata Cara Sholat Malam Berdasarkan Al-Qur’an Surat Al-Muzzammil”

  1. Pingback: Pendidikan Dasar untuk Para Muallaf Berdasarkan Al-Qur'an Surat Al-'Alaq: Memahami Pentingnya Ilmu dalam Kehidupan Seorang Muslim - Kavling Wisata

  2. Makasih banyak buat infonya yang bermanfaat! Saya suka banget cari berita di sini, selalu update dan lengkap. Eh, btw, coba deh pake V.af buat pendekin link. Gampang banget, bisa bikin tautan jadi lebih simpel. Aku udah coba, keren loh! 馃槉馃憤

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top